Who we are?

Who we are?

Pertanyaan siapa aku mempunyai 2 sisi nilai diri:

Menilai diri kita itu ada dua sisi.

1. Identitas (Siapa aku menurut ku)
2. Reputasi (Siapa aku menurut orang lain)

Dua-duanya sama penting .

Menurut para penafsir nya socrates justru yg lebih dominan ya reputasi, untuk mengenal diri kita, kenapa?

klo aku membaca aku kadang-kadang agak trick/prank karna tekanan ego nya sering kali tidak objektif membaca diri nya. 
karna kita dominan mencari celah diri yang baik-baik daripada yg buruk biar tidak di anggap salah. 

Sulit objektif membaca diri.

Interaksi dengan orang lain  lebih mengungkap siapa kita.

Mungkin kawan2 pernah dengar teori ini, ini teori bisa dipakai untuk menafsir diri.


Teori tentang, Johari window. dari California University.

Teori Johari Window merupakan salah satu teori psikologi yang digagas oleh dua orang psikolog Amerika bernama Joseph Luft dan Harrington Ingham pada tahun 1955.

Pernahkah kamu diminta untuk menjelaskan tentang dirimu dan kamu merasa kesulitan? Atau mungkin kamu pernah berselisih paham dengan orang lain mengenai dirimu? Kamu merasa dirimu A, tetapi orang lain mengatakan dirimu B. Salah satu teori psikologi bernama 
Johari Window bisa membantumu menyelesaikan masalah tersebut melalui mengenal diri sendiri.

Teori ini mengajari kita untuk memahami diri sendiri tidak hanya dari perspektif pribadi namun juga melibatkan pandangan orang lain. 

Oleh karena itu, selain baik untuk diri sendiri, menerapkan gagasan dalam teori ini juga dapat membantu suatu kelompok dalam memahami anggotanya satu sama lain sehingga tercipta kelompok yang harmonis.

Open Area: Orang lain tahu dan kita tahu.
Contoh: Saya tau bahwa saya itu pemalu dan orang lain juga tahu.

Hidden Area: Aku tahu orang lain tidak tahu.
Contoh: Kita sebenarnya penakut tapi kita tutupi agar hal tersebut tidak diketahui orang.

Blind Spot: Orang lain tahu tapi kita tidak tahu.
Contoh: Kita yakin kita ketika berbicara itu ramah dan baik,  tetapi orang lain tidak menganggap sedemikian.

Untuk mengetahui Bind Spot harus menerima masukan2 dari orang lain.

Darkspot/Unkhown: Orang lain dan diri kita tidak tahu tetapi itu ada pada diri kita.
Cotoh: Kita berbakat pada bidang tertentu dan kita tahu ketika kita baru menjalankan nya

Untuk mengetahu Darkspot/Unkhown satu2 nya jalan pengembangan diri. dan berprinsip terus selalu belajar. klo tidak menjalankan hal tersebut tidak akan dapat mengetahui potensi terpendam tersebut.

Orang yg teman nya banyak akan mudah mengetahui blind spot.

Johari Windows. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Rasa

MENGHORMATI PENDIRIAN ORANG LAIN